Friday, December 14, 2012

Tips Untuk Membuat Tangan Tampak Indah

Adalah wajib untuk kaum hawa menjaga dan merawat bagian tubuh seperti tangan untuk tetap kelihatan indah agar bisa selalu tampil percaya diri, apalagi bagi ibu-ibu yang sering melakukan pekerjaan rumah seperti membersihkan lantai, mencuci piring  dan baju, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar lainnya.
Berikut ini ada beberapa pilihan cara tradisional  untuk merawat tangan dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan.
  • Kentang ; selain bermanfaat sebagai bahan makanan, kentang juga mengandung vitamin yang tinggi untuk kulit dan bisa menghaluskan kulit. Caranya ; parutlah kentang dan usapkan atau gosokkan keseluruh tangan.
  • Ketimun dan air jeruk ; campurkan parutan ketimun dan perasan air jeruk kedalam satu wadah lalu oleskan keseluruh tangan. 
  • Sarung tangan, kenakan sarung tangan karet setiap kali Anda melakukan aktivitas mencuci piring, membersihkan kamar mandi, atau berkebun. Sarung tangan karet dapat melindungi tangan dari zat-zat kimia dan air panas, yang membuat tangan kering dan merusak kulit.
  • Sisa ampas kopi ; ambil sisa ampas kopi yang baru saja anda minum lalu gosok-gosokkan pada telapak tangan beberapa menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan sesering mungkin setelah anda melakukan pekerjaan kasar.
  • Daun pepaya ; ambil beberapa helai daun pepaya yang masih muda lalu dicuci bersih, setelah itu digosok-gosokkan pada telapak tangan sampai daun tersebut hancur. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bersihkan dengan air.
  •  Batu apung ; untuk telapak tangan yang kapalan ( kulit pada telapak tangan tampak menebal dan kasar, berupa bulatan kecil dan kering) bisa digosok-gosokkan dengan batu apung untuk mengurangi ketebalan dari bentuk kapalan tersebut.
  • Garam dan Lemon ; rendam tangan dengan campuran garam dan lemon, kemudian gosok perlahan-lahan. Lakukan rutin seminggu sekali agar tangan selalu lembut.
Selain cara tradisional seperti diatas, beberapa merk kosmetik seperti salah satunya "oriflame" juga menawarkan produk perawatan tangan agar selalu tampak indah, sbb:
  1. Renewing Hand Scrub. Menghaluskan dan melembutkan tangan dengan almond shell powder dan sweet almond.
  2. Daily Hand Cream. Bentuknya mungil, bisa dibawa di dalam tas tangan. Mengandung glycerin dan sweet almond oil.
  3. Nourishing Hand Cream for Dry Hands. Untuk kulit yang sangat kering dianjurkan pakai ini. Mengandung sweet almond oil alami.
  4. One Step Hand Recovery. Scrub ini bisa digosokkan pada kulit yang kering atau basah, lalu bilas. Mengandung gula, kristal garam dan sweet almond oil.
Langkah-langkah perawatan tangan dengan menggunakan hand scrub dan hand cream  mudah koq, yaitu;
  1. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun, sampai bersih. Jika ada sabun khusus untuk tangan (hand soap) lebih baik.
  2. Rendam tangan sekitar 10 menit di dalam baskom yang berisi air hangat. Ini untuk melunakkan kulit yang keras. Termasuk kutikula (kulit di ujung kuku).
  3. Keringkan tangan dengan handuk.
  4. Oleskan hand scrub, ini berguna untuk menghaluskan tangan, sekaligus juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati, atau kapalan. Kapalan sering muncul akibat tangan bersentuhan dengan benda (seperti cincin atau benda-benda keras lainnya) dalam jangka waktu yang lama.
  5. Gosok perlahan-lahan terutama di bagian tangan yang paling kasar.
  6. Bilas tangan dengan air, keringkan.
  7. Oleskan hand cream ke seluruh tangan. Hand cream ini berbeda dengan body cream, karena biasanya mengandung lebih banyak oil/cream.
  8. Selesai.
Tak sulit bukan? Hanya meluangkan waktu sekitar 20 menit saja, tangan halus dan lembut pun didapat. Oya, untuk hand scrub, maksimal penggunaannya adalah tiga kali dalam seminggu. Namun kalau hand cream, bisa setiap hari.





No comments:

Post a Comment