Kamis, 27 Desember 2012

MENOPAUSE, GEJALA, DAN PENCEGAHANNYA

MENOPAUSE
Adalah berhentinya siklus perdarahan uterus yang teratur, merupakan satu peristiwa dalam klimakterium.
Klimakterium adalah fase fisiologis yang terjadi jika fungsi ovarium telah mengalami regresi.
Menopause biasanya terjadi antara usia 45 - 52 tahun. Selama klimakterium, kadar estradiol menurun dan ovarium mengecil dan akhirnya folikel / telur juga menghilang.

Tanda dan Gejala Menopause
Siklus menstruasi menjadi lebih pendek karena fase folikuler yang memendek atau siklus menjadi tidak teratur dan makin jarang, dimana pada beberapa siklus terjadi ovulasi dan dan yamg lain anovulasi.

Gejala Umum Menopause
-panas pada kulit, berdebar-debar, sakit kepala, tangan dan kaki terasa dingin, mudah tersinggung, vertigo, cemas, gelisah, depresi, insomnia/susah tidur, keringat waktu malam, pelupa, tidak dapat konsentrasi, lelah, dan penambahan berat badan. Tanda yang khas adalah kulit menjadi merah dan hangat, terutama pada kepala dan leher. Gejala ini kemudian diikuti dengan menggigil kedinginan, kulit genitalia serta dinding vagina dan uretra menipis dan lebih kering, sehingga mudah terjadi iritasi, dan infeksi. Kemudian labia, klitoris, uterus, dan ovarium mengecil, elastisitas kulit juga berkurang, dan osteoporosis terjadi pada 25% wanita post menopause dalam waktu 15 - 20 tahun setelah menopause. Komplikasi yang sering adalah patahnya tulang belakang, dan tulang paha. Patahnya tulang paha merupakan penyebab kematian hingga 15% pada wanita yang berusia 60 tahun keatas.

Untuk pencegahan sebaiknya konsumsi melia biyang HGH spray sejak usia 40 tahun kebawah.  
Jika sudah  menopause sebaiknya konsumsi melia biyang HGH spray untuk awet muda (2  x  4 - 5 semprot dibawah lidah)  dan propolis (3 x 8 tetes perhari) untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu meminimalkan gejala-gejala premenopause.

Untuk penyembuhan menopause juga bisa menggunakan ramuan tradisional berikut ini;
-Bahan-bahan: 1 butir majakan, 1/2 kulit buah delima putih, seujung sendok teh adas, seujung sendok teh mungsi, 1 ruas kayu manis, 1 jari rimpang kunyit.
-Cara membuat: cuci bersih semua bahan lalu tumbuk sambil diberi satu gelas air matang. Setelah halus, aduk dan saring. Saat akan diminum, beri sedikit madu atau gula aren dan juga air perasan jeruk nipis. Minum satu kali sehari. Sebaiknya jangan diminum tiap hari, tapi cukup 2 hari sekali.
PR Checker

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar