Saturday, December 15, 2012

Tips Merawat Rambut

Rambut sehat adalah rambut yang lembut, berkilau, kuat dan halus. Rambut yang merupakan mahkota, baik bagi pria maupun wanita yang rambutnya bagus tentu bisa menambah kecantikan serta keelokan dirinya.
Namun sering kita dihadapkan pada permasalahan yang menimbulkan rambut rontok, ketombe, kutu rambut, rambut kering, dan rambut uban.
Rambut Kering
Anda pasti tidak menginginkan rambut kering dan kusam. Karena selain mengganggu penampilan, ternyata rambut kering penyebab awal mulanya rambut bercabang, pecah-pecah kemudian rambut anda mudah rontok dan rapuh. Untuk itu kita harus berhati-hati dalam menjaga  rambut agar tetap sehat. Tips merawat rambut kering anda bisa mempraktekkan sendiri di rumah tanpa perlu repot serta melalukan perawatan khusus di salon dan membuang banyak uang untuk merawat rambut agar selalu sehat.

Berikut beberapa tips mengatasi dan merawat rambut kering:
1. Bilas dengan air dingin
Jangan terlalu sering membilas rambut dengan air panas karena dapat mengurangi kelembaban pada rambut yang berakibat rambut jadi kering. untuk itu, gunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut.
2. Lepas ikat rambut
Usahakan jangan terlalu sering mengikat rambut terlalu kuat karena akan menyebabkan helaian rambut tertarik dan berakibat rontok. Lebih baik rambut terurai dengan bebas, jika anda tetap menggunakan ikat rambut gunakan ikat rambut yang lentur dan lepas ketika tidur biarkan rambut anda bebas.

3. Istirahatkan rambut
Seperti halnya kita (manusia) yang membutuhkan istirahat, rambut juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Alat-alat penataan rambut yang mengeluarkan hawa panas, seperti alat pengeriting, hair dryer, catok dan lain-lain dapat membuat rambut Anda menjadi semakin kering.
4. Amati kondisi rambut
Dengan melihat kondisi rambut secara lebih teliti Anda dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat menyehatkan rambut Anda. Untuk itu Anda perlu berkonsultasi pada ahli rambut.
5. Jangan keramas setiap hari
Orang yang rambutnya cenderung berminyak mungkin disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Tetapi bila rambut Anda kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Mencuci rambut setiap hari akan menguras minyak alami yang ada dalam rambut. Akibatnya, rambut jadi kusam, kering, dan kusut. Keramas setiap dua hari sekali sudah cukup.
6. Jangan menyisir rambut yang basah
Dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Paling baik sih, biarkan rambut Anda mengering alami.
7. Rawat rambut yang dicat
Rambut yang dicat cenderung menjadi kering akibat bahan-bahan kimia. Untuk itu, Anda harus merawat rambut Anda dengan lebih cermat. Gunakan kondisioner setiap kali keramas untuk melembabkan rambut. Anda juga harus rutin merawat rambut dengan melakukan creambath, masker rambut, atau hair spa.

Untuk mengatasi kutu pada rambut, ikuti resep alami berikut ini;
  1. Memangkas rambut. Bagi anak laki-laki yang memiliki masalah kutu rambut parah, cara termudah untuk menghilangkannya adalah memangkas rambut sampai plontos. Pencukuran sebaiknya dilakukan di rumah, bukan di tempat pangkas rambut untuk menghindari kemungkinan penularan ke orang lain.
  2. Zat Pembasmi Alami.Meskipun kini sudah tersedia obat-obat kimia pembunuh kutu rambut, sebagian orang masih menyukai cara alami untuk membasminya. Selain tidak selalu efektif, obat kimia bagaimana pun dapat memiliki efek samping bagi tubuh (baca baik-baik aturan pakainya bila Anda menggunakannya). Berikut adalah beberapa bahan alami yang mudah didapat dan efektif menghilangkan kutu rambut:
    • Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.
    • Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.
    • Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut.  Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut.


Untuk rambut yang berketombe, cara mengatasinya sbb;
  1.  Dengan daun seledri. Ambil daun seledri 5 helai, daun kangkung 5 batang, garam dapur 1 sendok teh, air bersih 1 gelas.  Seledri, kangkung, garam dijadikan satu lalu ditumbuk sampai halus.  Masukkan dalam segelas air lalu disaring.  Keramaslah dengan ramuan ini.  Diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa.  Lakukan rutin sampai ketombe hilang.
  2.  Dengan santan kelapa, nanas dan jeruk nipis. Caranya ; 1/2 cangkir santan kelapa, 1 cangkir air parutan nanas dan 1 cangkir jeruk nipis dicampur menjadi satu kemudian keramas dengan bahan tersebut, setelah itu cuci dengan menggunakan air biasa.
  3.  Dengan daun pandan. Ambil 10 lembar daun pandan wangi lalu tumbuk sampai halus dan beri air bersih 2 gelas lalu saringlah.  Air saringan ini digunakan untuk keramas.  Diamkan selama 15 menit  kemudian dicuci dengan air bersih.  Lakukan dengan rutin niscaya ketombe akan sirna.
  4.  Dengan nanas. Buah nanas dibelah menjadi dua.  Ambil separuhnya kemudian digosok-gosokkan pada kulit kepala yang berketombe selama lima menit, kemudian biarkan beberapa saat, lalu keramas seperti biasa.
  5. Buah nanas muda diparut lalu disaring, diamkan airnya selama 2 jam setelah itu gunakan untuk keramas
  6. Dengan jeruk nipis. Satu butir jeruk nipis dan airnya dioleskan pada kepala yang berketombe.  Biarkan selama 20-30 menit kemudian dikeramasi seperti biasa.  Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.
Jika anda mempunyai keluhan rambut uban, berikut ini tips untuk mengatasi rambut uban;
  1.  Dengan teh basi. Caranya; air teh didiamkan satu malam. Lebih baik lagi jika air teh tersebut diletakkan di tempat terbuka agar berembun. Cara menggunakannya pada rambut, yaitu ; sebelum mandi, siramkan air teh basi tersebut kerambut. Lalu tutuplah bagian rambut dengan handuk, dan biarkan selama 30 menit agar meresap pada rambut. Setelah itu barulah keramas.
  2.  Dengan kelapa hijau. Air kelapa hijau dicampur dengan santan kelapa muda lalu tambah dengan sedikit garam, embunkan air itu selama semalam lalu paginya gunakan sebagai bahan keramas.  Lakukan selama 7 hari berturut-turut.
  3.  Dengan daun mangkokan. Siapkan minyak kelapa 1/2 liter ( bukan minyak sawit) , ambil 15-20 helai daun mangkokan yang muda atau tidak terlalu tua.  Iris tipis-tipis lalu goreng dalam 1/2 liter minyak tadi, usahakan jangan sampai gosong.  Angkat daun dan minyak didinginkan selanjutnya disaring.  Oleskan minyak bekas menggoreng pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.  Diamkan selama 1 jam setelah itu keramas seperti biasa.
  4.  Dengan biji kemiri. Biji kemiri ditumbuk sampai halus kemudian diberi air.  Setelah itu direbus sampai mengeluarkan minyak.  Minyak kemiri inilah yang digosokkan  pada kulit kepala, biarkan meresap pada pori-pori kulit kepala.  Lakukan 3 kali seminggu.
  5.  Dengan biji pepaya. Pepaya yang sudah masak dibelah.  Ambil bijinya sebanyak 2 sendok makan dan goreng sampai hangus.  Kemudian ditumbuk sampai halus.  Campur dengan minyak kelapa dan diaduk sampai merata ( Ingat , dengan minyak kelapa jangan dengan minyak sawit).  Oleskan pada rambut beruban, biarkan sekitar 2 jam.  Selanjutnya keramas biasa memakai samphoo.  Lakukan sekurang-kurangnya seminggu sekali.
  6. Dengan daun rambutan. Caranya sama seperti dengan biji pepaya.  Daun rambutan 10-20 lembar dibakar sampai hangus,  kemudian ditumbuk sampai halus.  Setelah itu ditampung dalam gelas lalu diberi sedikit air lalu dioles merata pada rambut beruban.  Diamkan selama 2 jam lalu keramas seperti biasa.  Lakukan paling tidak 1 kali seminggu.
Untuk mencegah dan mengatasi  kerontokan rambut, ikutilah resep berikut ini :
  1.  Dengan teh basi. Caranya; air teh didiamkan satu malam. Lebih baik lagi jika air teh tersebut diletakkan di tempat terbuka agar berembun. Cara menggunakannya pada rambut, yaitu ; sebelum mandi, siramkan air teh basi tersebut kerambut. Lalu tutuplah bagian rambut dengan handuk, dan biarkan selama 30 menit agar meresap pada rambut. Setelah itu barulah keramas. 
  2.  Dengan kecambah kacang hijau. Jika rambut mengalami kerontokan, makanlah secara teratur kecambah kacang hijau atau kecambah kedelai setiap hari sebagai lalapan.  Lebih baik bila kecambah dikonsumsi dalam keadaan segar atau mentah.  Lakukan lalap kecambah ini selama 2 bulan.
  3.  Dengan daun kapuk. Ambil 2 genggam daun kapuk randu.  Rebus sampai mendidih.  Hasil rebusan diembunkan di tempat terbuka selama semalam.  Pagi harinya air itu digosok-gosokkan pada kulit kepala.  Biarkan beberapa saat kemudian dikeramasi.  Lakukan setiap hari. 

  4. Jika anda membeli semangka jangan dibuang kulitnya. Daging semangka yang berwarna putih yang menempel pada kulitnya anda gosokkan pada rambut. Lakukan penggosokan itu kurang lebih 20 menit. Setelah selesai usap dengan madu sedikit, biarkan kurang lebih 5menit, barulah keramas. Lakukan seminggu sekali,sebelum keramas. 
  5. Dengan lidah buaya. Inilah rajanya tanaman perawatan rambut.  Ambil satu daun lidah buaya yang sudah cukup tua, lalu ambil dagingnya dan usap-usapkan pada kulit kepala.  Biarkan selama 10-15 menit setelah itu baru dikeramasi seperti biasa.  Lakukan dengan rutin.
  6.  Dengan biji kemiri. Biji kemiri ditumbuk sampai halus kemudian diberi air.  Setelah itu direbus sampai mengeluarkan minyak.  Minyak kemiri inilah yang digosokkan  pada kulit kepala, biarkan meresap pada pori-pori kulit kepala.  Lakukan 3 kali seminggu.
  7. Dengan air seduhan kacang hijau. Caranya; sediakan 1/2 cangkir kacang hijau, lalu cuci hingga bersih. Kemudian letakkan disebuah wadah yang agak besar. Seduh kacang hijau dengan 1/2 liter air mendidih,lalu tutup. Pada malam hari, buka tutup wadah, lalu letakkan air seduhan dihalaman rumah atau tempat terbuka agar berembun. Cara pakai pada rambut ; keesokan paginya oleskan air seduhan tersebut pada rambut. Biarkan sampai sore, lalu keramas. Air seduhan yang masih tersisa dapat diembunkan kembali untuk digunakan keesokan harinya
    Jangan sepelekan masalah rambut, oleh karena itu jika tidak ingin rambut anda bermasalah segera lakukan pencegahan dari sekarang.
     



No comments:

Post a Comment