Wednesday, October 9, 2013

si kacang hijau yang imut

Saya suka sekali dengan makanan yang satu ini, si kacang hijau yang imut hehehe habisnya kecil banget sih bentuknya. Apalagi bisa dibuat apa saja, seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, bakpao isi kacang hijau, peyek kacang hijau,  atau mungkin teman-teman juga bisa mengolahnya dalam bentuk yang lain.

Konon, awal mulanya kacang hijau ini bisa ada di Indonesia katanya nih  kacang hijau imut ini berasal dari India dan masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Kacang hijau ini sejak ribuan tahun silam sudah digunakan sebagai sumber pangan dan pengobatan. Bangsa China kuno bahkan sudah menggunakan kacang hijau untuk menurunkan panas dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Kok bisa ya????

Sedangkan di Indonesia, kacang hijau digunakan sebagai bahan baku utama  makanan tradisional seperti onde-onde, kolak, bubur. Bahkan, sari kacang hijau kerap dijadikan minuman utama untuk balita yang datang ke posyandu. 

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan. Diantaranya, membantu pertumbuhan, karena kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak. Si hijau ini juga berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Diperkaya dengan zinc dan zat besi juga menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh. 

Si kacang hijau ini walaupun diolah dalam jangka waktu yang lama, tapi khasiatnya gak bakalan hilang loh. Tidak seperti memasak sayur, vitaminnya hilang kalo direbusnya kematangan.
Hebat ya, jadi biarpun bentuknya sangat kecil tapi khasiatnya luarbiasa.

kacang hijau
Cara mengolah kacang hijau sebagai obat panas dalam :

Bahannya :   - 1 genggam kacang hijau dan +/- 500ml air
Cara membuat :
  • cuci kacang hijau, lalu rebus bersama air hingga mendidih.
  • setelah mendidih hingga warna air berubah hijau muda tuang kedalam gelas.
  • Minum selagi hangat, dapat juga ditambahkan gula batu agar  berasa manis.  

    Note : untuk bayi disarankan  tidak boleh ditambahkan apa-apa.


    dari berbagai sumber

     

No comments:

Post a Comment